Analisa Teknikal

Fibonacci Extensions

Fibonacci Extensions

Ekstensi Fibonacci digunakan dalam retracement Fibonacci untuk memprediksi ruang resistance dan support di pasar. Ekstensi ini melibatkan semua tingkat yang ditarik melewati tingkat dasar 100%; Mereka sering digunakan oleh para pedagang untuk menentukan daerah yang akan mendatangkan keuntungan. Satu ekstensi populer, level 161,8%, digunakan untuk menetapkan target harga pada breakout dari ascending triangle; Target ini dihitung dengan mengalikan jarak vertikal segitiga dengan rasio Fibonacci utama 61,8%, dan kemudian menambahkan hasilnya ke level resistance atas segitiga.


Sebuah pergerakan retracement dari sebuah saham adalah di mana saham "retraces" bagian dari salah satu gerakan sebelumnya. Dalam kebanyakan kasus, saham melakukan retracement di salah satu dari tiga level Fibonacci standar: 38,2%, 50% dan 61,8%. Ketika sebuah saham melakukan retrace lebih dari 100% dari pergerakan sebelumnya, perpanjangan Fibonacci dapat dihitung. Ekstensi ini, yang digunakan dalam kombinasi dengan berbagai indikator atau pola lainnya, adalah praktik umum bagi pedagang yang ingin menentukan satu atau beberapa target harga.

Penggunaan praktis

Ini adalah cara yang terbaik, dan yang paling praktis, untuk menghitung ekstensi Fibonacci saat saham berada pada posisi tertinggi atau posisi terendah baru, dan bila tidak ada level resistance atau support yang jelas pada grafik. Jika, misalnya, seorang trader sudah lama memiliki saham dan sahamnya mulai menghasilkan harga tertinggi baru, trader dapat menghitung tingkat perpanjangan Fibonacci untuk mendapatkan ide dasar mengenai di mana saham cenderung turun dan lebih cenderung menghasilkan keuntungan. Hal yang sama berlaku untuk trader yang pendek. Level ekstensi Fibonacci dapat dihitung untuk memberi gambaran umum kepada trader tentang dimana saham mulai rally. Pedagang kemudian memiliki pilihan untuk memutuskan apakah dia ingin menutup posisinya pada tingkat itu.

Menjaga kepraktisan, dan akal sehat dasar, dalam pikiran, keputusan untuk membeli dan menjual saham tidak boleh dibuat hanya berdasarkan pada ekstensi Fibonacci. Adalah bijaksana bagi para pedagang untuk menunggu dan mengamati pola candlestick, seperti aksi harga, menjadi jelas untuk mengkonfirmasi apakah saham cenderung berbalik pada harga target para pedagang.

Garis bawah

Ekstensi Fibonacci berlaku untuk jangka waktu tertentu, seperti grafik bulanan hingga grafik satu menit, dan merupakan alat yang paling baik digunakan pada gelombang harga sehingga proyeksi gelombang harga di masa depan dapat dihasilkan. Hal ini juga bijaksana bagi para pedagang untuk mencatat bahwa kelompok level Fibonacci adalah indikasi area harga yang pasti akan menjadi signifikan. Aspek terpenting yang harus diketahui trader adalah ekstensi Fibonacci seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor penentu saat membuat pilihan trading dan posisi.