Dasar-dasar Saham

Step by Step Trading

Step by Step Trading

1. Menentukan Risk per Month

Berapa persen kehilangan yg siap anda tanggung dalam sebulan. Kemudian apakah prosentase itu siap anda hadapi 3 bulan berturut-turut? Nah, ini harus ditentukan paling awal. Misal modal 100 juta, siap kehilangan 10% per bulan selama 3 bulan berturut2. Artinya selama 3 bulan anda siap lose sebesar 30 juta. Silahkan ditentukan dulu berapa.

2. Menentukan Risk per Trade

Berapa persen anda siap rugi dalam sekali perdagangan. Ketika beli saham ABCD, anda siap rugi berapa persen dari seluruh modal. Contoh anda siap rugi 0,5% modal. Jadi jika modalnya 100 juta, anda siap kehilangan uang 500rb dalam sekali trade. Kalau gak siap, silahkan dikecilkan, kalau terlalu kecil, silahkan diperbesar.

3. Menentukan Rule Trading atau System Trading

Contoh: Anda beli saat terjadi Golden Cross antara MA60 dan MA100 dimana MA30 harus sudah lebih tinggi dari MA60 dan harga sudah lebih tinggi dari MA30. Jadi harga > MA30 > MA60 > MA100. Jika membentuk formasi ini, anda beli. Anda catat tuh lalu coba lakukan back test. Lihat chart saham mulai tahun yg paling lama. Kalau di chart nexus 3 tahun terakhir. Lalu lihat ketika formasi terbantuk, anda beli di mana dan jual ketika formasinya gimana. Anda catat semua hingga hari terakhir. Coba hitung apakah untung atau rugi. Lakukan lagi untuk beberapa emiten yg lain. Luangkan waktu untuk melakukannya. 

4. Trading dengan Rule yang sudah anda tetapkan

Jangan pernah mengubah rule di tengah jalan. Jika terjadi lose, kenali dg baik apakah salah sistemnya atau memang pasar yang sedang turun. Buat catatan untuk memperbaiki rule trading anda. Dengan cara ini, rule anda akan semakin sempurna setiap kali trading. Lose ibarat mengikuti sebuah workshop.

5. Sediakan trading jurnal

Catat semua saham yg anda beli, kenapa anda beli, beli di angka berapa, nanti jual di angka berapa, RPT-nya berapa dan kalau ada target profit di angka berapa. Tulis semua. Semakin detil semakin bagus. Dengan begitu, tiap bulan anda bisa review hasil kinerja anda dan bisa memperbaiki rule bila ada yg perlu dikembangkan untuk hasil yg lebih maksimal lagi.

6. Trust Your Self

Mau ada rekomendasi dari master sejago apapun, kalau secara rule tidak memenuhi kriteria, jangan beli. Mau ada saham yg naik setinggi apapun jika secara rule tidak sesuai, jangan beli. Mau sedekat apapun harga dg rule anda, kalau masih belum masuk rule, jangan beli.

Trust your self, trust your own system.