Cara Main Saham itu Bagaimana sih?

Lutvi Avandi
2017-12-28 06:10

Sebenarnya saham bukanlah sebuah permainan, karena uang yang anda setorkan untuk membeli saham adalah uang betulan. Jadi, kita coba pakai istilah berbisnis saham ya?

Prinsip berbisnis saham sangat sederhana sebenarnya. Anda hanya perlu memilih 2 cara:

  1. Menjadi Investor dimana anda membeli saham dan hanya mengharapkan penghasilan dari bagi hasil perusahaan berupa deviden. Jika memilih cara ini, anda perlu mencari perusahaan yang rajin memberi deviden dan devidennya besar :)
  2. Menjadi Trader atau Pedagang. Di sini anda membeli saham dengan harga tertentu dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan beli.
    Namun harus diingat bahwa dalam dunia saham juga ada persaingan harga dimana orang lain yang memiliki saham serupa, dapat menjual dengan lebih murah sehingga harga menjadi turun. Di sisi lain ada pembeli yg siap membeli dengan harga tinggi sehingga membuat harga naik.
    Di sinilah pentingnya analisa saham. Kita mencoba memprediksi pergerakan harga saham ke depan menggunakan analisa sejarah pergerakan saham di masa lalu.

Untuk memulai berbisnis saham, anda dapat membaca artikel berikut: 
https://saham101.com/content/1/3/id/bagaimana-cara-memulai-investasi-saham.html

 

Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda bisa mengirim komentar atas materi ini