Apa sih keuntungan investasi saham dibandingkan dengan investasi yang lain?

Lutvi Avandi
2017-12-29 13:20

Ada beberapa keuntungan dalam berinvestasi saham dibandingkan dengan investasi yang lainnya

  1. Peningkatan nilainya sangat besar (Capital Gain)
    Jika dibandingkan dengan tabungan, emas, deposito atau mata uang, rata-rata peningkatan harga saham dapat melampaui itu semua. Tahun ini saja IHSG mampu membukukan peningkatan lebih dari 20% sementara emas hanya 5.44% saja. Depositopun hanya sekitar 6%.
  2. Sangat Liquid
    Saham dapat langsung dicairkan ketika suatu saat kita benar-benar membutuhkan uang. Paling lama 3 hari kerja anda sudah dapat mengantongi hasil penjualan saham anda. Bandingkan dengan deposito yg hanya bisa dicairkan jika mencapai masa jatuh tempo. Properti walau di beberapa tempat keuntungannya juga bagus, tapi untuk bisa mencairkan juga butuh waktu yang tidak sebentar.
  3. Mendapatkan Deviden
    Walau tidak semua perusahaan membagikan deviden, tapi banyak perusahaan yang rajin membagikan deviden kepada para pemegang sahamnya. Jumlahnya bervariatif antara 3% - 6% per tahun. Ada juga perusahan yang membagikan devidennya 2 kali dalam setahun.
  4. Mendapatkan Saham Bonus
    Beberapa perusahaan juga memberikan saham bonus. Sehingga saham yang anda miliki semakin banyak dan tentunya sangat menguntungkan tatkala harganya naik.
  5. Mudah Disimpan
    Tidak seperti emas atau properti, saham tidak membutuhkan penyimpanan khusus karena saat ini saham sudah paperless sehingga semua hanya berbasis data saja, tidak perlu semacam kertas sertifikat yang harus kita simpan sendiri. Satu-satunya yg harus kita simpan hanyalah data login ke akun sekuritas saja. Dan asalkan anda hafalkan serta tidak anda tulis di kertas, maka akan aman meski dana yang didalamnya mencapai trilyunan :)
  6. Tidak membutuhkan perawatan khusus
    Karena berbasis data digital, maka anda tidak perlu melakukan perawatan terhadap saham2 anda. Bandingkan dengan property dimana anda harus merawat bangunan properti anda. Ya kecuali kalau tanah ya?

Meski ada beberapa keuntungan saham dibandingkan investasi yang lain, saham juga memiliki resiko lho. Silahkan baca di sini untuk mengetahui apa saja resiko dalam bisnis saham.

Tag: deposito, emas, investasi, keuntungan saham, property
Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda bisa mengirim komentar atas materi ini