Apakah bisnis saham dapat dijadikan sebagai biaya hidup sehari-hari?

Lutvi Avandi
2017-12-29 13:37

Jawabnya antara bisa dan tidak. Sebagaimana instrumen investasi yang lain, saham baru akan terasa manfaat dan perkembangannya apabila  sudah melewati masa yang panjang. Misalkan anda memiliki modal 10 juta dengan target pertumbuhan 20% dalam setahun, maka modal anda hanya tumbuh 2 juta saja setahun. Ini tentu tidak dapat dijadikan sebagai biaya hidup.

Namun, apabila modal anda memang cukup besar, misalnya 500 juta dengan pertumbuhan 20% sudah cukup banyak hasilnya yaitu 100 juta setahun, sehingga sebulan anda dapat mengantongi uang 8 juta-an.

Lebih memungkinkan lagi apabila anda sudah cukup mahir dalam menganalisa pasar sehingga pertumbuhan saham mampu mencapai 100% dalam setahun. Beberapa trader kawakan mampu mencapai ini bahkan lebih dari 100%. Kalau udah sampai tahap ini, tentulah bisa hasilnya dijadikan biaya hidup sehari-hari.

Jika baru memulai, saran saya, gunakan HANYA DANA TIDUR saja untuk diputar di bisnis saham. Namun anda harus meluangkan waktu untuk belajar menganalisa sendiri saham-saham yang akan diincar.

Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda bisa mengirim komentar atas materi ini