Bagaimana Garis support dan resistance bisa terjadi?

Lutvi Avandi
2017-12-30 04:53

Pada dasarnya garis support dan resistance hanyalah garis bantu yang digunakan trader untuk membuat keputusan. Masing2 trader punya patokan sendiri2 dalam menentukan garis trend. Terkadang beda 1 bukit saja dalam menarik garis, dapat berakibat beda dalam menentukan titik resistance-nya.

Semakin banyak trader yang menggunakan garis yang sama, biasanya garis itu akan semakin kuat. Misalnya garis support yang dibentuk dengan memanfaatkan MA20. Jika ada banyak trader yang menggunakan patokan garis yang sama, maka ketika harga mendekati garis MA20 dari atas (garis MA20 menjadi support), para trader akan lebih mewaspadai pergerakan ini.

Ketika harga menyentuh garis itu atau bahkan melewatinya, mereka yg sudah memiliki barang akan membuang barangnya alias menjual sahamnya karena takut harga akan naik lagi. Sementara mereka yang tidak punya saham akan membelinya karena menganggap harga sudah sangat murah.

Bila yang belum punya saham lebih banyak, biasanya harga akan memantul dan naik kembali. Semakin sering harga memantul di garis MA20, maka semakin banyak yang akan menjadikannya sebagai patokan di masa mendatang

Tag: resistance, support
Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini