Apakah Saham Gorengan itu dan bagaimana ciri-cirinya?

Lutvi Avandi
2017-12-30 05:44

Istilah saham gorengan sebenarnya bukan istilah resmi. Itu hanya istilah antar para trader saja untuk menilai suatu saham yang harganya mudah dipermainkan (digoreng).

Saham Gorengan termasuk saham yang sangat beresiko. Tapi sekali lagi, makin besar resiko, biasanya rewardnya juga semakin besar.

Kalau anda perhatikan, biasanya saham gorengan pergerakannya sangat lebar. Dalam sehari dia bisa naik lebih dari 10% bahkan tak jarang kenaikannya justru di awal-awal bursa buka. Namun kalau sedang turun, dia bisa turun langsung 10% lebih hanya dalam waktu sehari saja.

Saham-saham yang sering  terkena Auto Reject baik atas maupun bawah biasanya hanya saham-saham gorengan saja, sedangkan saham2 yang stabil biasanya kenaikannya tidak sampai 10% dalam sehari.

Beberapa ciri saham gorengan yang bisa dikenali adalah:

  1. Harganya cenderung sangat fluktuatif. Dapat dilihat dari chartnya yang naik dan turun dengan sangat cepat
  2. Volumenya kecil. Inilah sebabnya dia sangat mudah dipermainkan harganya
  3. Tidak disertai fundamental yang sesuai dengan harganya. Tak peduli laporan keuangan minus atau ada berita buruk, harga saham gorengan masih bisa naik drastis dalam sehari.
  4. Banyak ditawarkan di grup2 saham. Istilah prokemnya dipompom hehehe

Kalau anda mau masuk di saham seperti ini, sebaiknya pakai trading plan yang ketat dan perhatikan besarnya bid di waktu normalnya. Karena bid ketika harga saham diangkat biasanya sudah tidak wajar lagi. Jangan sampai anda membeli terlalu banyak dan susah keluar ketika harga turun.

Tapi kalau anda masih belajar mengatur trading plan, sebaiknya sih dihindari saham seperti ini :)

Tag: saham gorengan, trading plan
Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda bisa mengirim komentar atas materi ini