Kapan dan Bagaimana Mendapatkan Deviden?

Lutvi Avandi
2017-12-27 01:36

Jika ada, Deviden dibagikan oleh perusahaan dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Ada yang setahun sekali, ada yang dua kali dan ada juga yang tiga kali. Meski begitu, beberapa perusahaan bahkan tidak membagikan deviden sama sekali. Mereka mengalokasikan dana deviden untuk mengembangkan perusahaan.

Apabila perusahaan akan membagikan deviden, maka mereka akan mengeluarkan Press Release sehingga anda dapat bersiap-siap. Beberapa istilah yang muncul dalam press release pembagian deviden antara lain:

Cumdate: adalah  tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan.

ExDate: adalah hari pertama dimana pemegang saham tidak berhak lagi mendapatkan dividen dari suatu perusahaan. Biasanya 1 hari kerja setelah cumdate.

Misalnya Perusahaan mengumumkan bahwa:

Cumdate tanggal 19 Januari 2018

Maka jika ada yang memiliki saham tersebut sebelum 19 Januari dan tidak menjualnya pada hari itu, maka dia berhak mendapatkan deviden.

Atau jika ada yang membeli saham tepat pada tanggal 19 Januari dan tidak menjualnya hari itu, maka diapun berhak mendapatkan deviden

Sementara jika ada yang baru membeli pada tanggal 22 Januari atau bertepatan dengan exdate, maka dia tidak berhak mendapatkan deviden. Biasanya sih, harga saham akan jatuh ketika exdate ini karena mereka yang berburu deviden akan melepaskan sahamnya pada saat itu.

Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini