Bagaimana meminimalisir resiko Saham?

Lutvi Avandi
2017-12-27 11:26

Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk meminimalisir resiko saham.

Tahap Pertama: Lakukan diversifikasi saham

Jangan pernah menghabiskan seluruh dana anda dalam satu saham walaupun anda begitu yakin dengan saham tersebut. Setidaknya, pecah dana anda dalam 5 saham.

Tahap Kedua: Tentukan Besar Kerugian yg Siap Diterima

Berapa kerugian total yang siap anda terima apabila harga sahamnya turun. Ini tentu menggunakan perasaan anda sendiri. Misalnya anda siap rugi 5% secara total. Maka jika anda membagi dana untuk 5 saham, berarti masing2 saham hanya boleh menyumbang kerugian sebanyak 1% saja dari dana anda. Jika dana anda 100 juta, berarti kerugian tiap saham tidak boleh lebih dari 1 juta.

Tahap Ketiga : Tentukan Stop Loss

Untuk menentukan stoploss, anda bisa menggunakan patokan prosentase. Misalnya 5% atau 10%. Namun lebih baik lagi jika anda menggunakan analisa teknikal untuk menentukan berapa stoploss-nya. Misalnya harganya Rp. 1.000 dan stoploss-nya 5% atau Rp. 50. Berarti klo harga turun sampai 950, anda harus menjual saham tersebut.

Tahap Keempat: Tentukan Jumlah Lot

Jika anda sudah siap dengan jumlah kerugian yg siap diderita dan sudah tahu besarnya kerugian per saham, tinggal membagi saja. Pada contoh di atas ditentukan kerugian maksimal per saham adalah 1 juta. Kerugian per lembar adalah 50. Maka jumlah lot-nya adalah 1 juta / 50 = 20rb lembar atau 200 Lot.

Maka anda silahkan beli saham tersebut 200 Lot dengan biaya 20 juta. Jika ternyata harga benar2 turun 5% menjadi 950, maka harus segera anda jual. Sehingga kerugian hanyalah 1 juta saja.

Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini