Apa sih resiko bermain saham?

Lutvi Avandi
2017-12-29 13:21

Sebagaimana instrumen investasi yang lain, maka sahampun memiliki resiko-resiko yang harus kita cermati dan membuat strategi untuk menghindarinya. Resiko-resiko dalam bisnis saham diantaranya adalah:

  1. Capital Loss: Alih-alih mengharapkan harga saham naik, ternyata harga saham malah turun dan tidak pernah naik lagi. Disinilah anda kehilangan nilai saham dan hal semacam ini sangat wajar dan sering terjadi dalam bisnis saham. Untuk itu, sebelum membeli saham anda harus cermat dalam menentukan kapan masuk di suatu saham. Anda juga perlu menyusun trading plan sebelum membeli suatu saham. Anda juga dapat membaca di sini strategi meminimalisir resiko capital loss
  2. Tidak mendapatkan Deviden: Ketika perusahaan tidak mendapatkan keuntungan yang cukup, biasanya mereka tidak membagikan deviden kepada para investornya. Beberapa trader malah tidak terlalu mengharapkan ini sih, karena besarnya deviden sebenarnya jauh lebih kecil dibandingkan potensi capital gain harga saham
  3. Perusahaan Terkena Delisting: Jika perusahaan terbukti melakukan kecurangan baik di laporan keuangan atau dalam transaksi saham, maka ada kemungkinan akan terkena delisting. Akibatnya saham yang anda miliki hangus dan lenyap begitu saja. Untuk menghindari ini, pastikan dulu track record perusahaannya, perhatikan siapa direksinya dan bagaimana laporan keuangannya.
  4. Perusahaan Bangkrut/Likuidasi: Jika terjadi, maka semua aset perusahaan akan dijual dan hasilnya akan dibagikan untuk membayara hutang, pesangon karyawan dan terakhir barulah para pemegang saham itupun kalau masih ada. Maka penting sekali melihat seberapa asetnya dan seberapa besar aset itu dibandingkan hutang2 perusahaan (DER).

Semua bisnis tentu ada resikonya dan biasanya makin besar resiko, makin besar juga rewardnya :)

Tag: capital loss, delisting, resiko bisnis, resiko saham
Nilai rata-rata: 0 (0 Vote)

Anda bisa mengirim komentar atas materi ini